Follow Me

Popular Posts

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Blogger news

FOLLOW ME

clock

Jumat, 04 Oktober 2013
Pemrograman linear ialah teknik optimasi yang melibatkan variabel-variabel linear. Dalam model pemrograman linear dikenal dua macam fungsi, yaitu fungsi objektif (objective function) dan fungsi kendala (constraint function) yang linear.
Program linear adalah salah satu cabang ilmu matematika yang mempunyai banyak manfaatnya dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat menggunakan program linear :
  • Dalam sektor pendidikan : Program linear atau linear programming dapat memudahkan pengajar dalam membuat jadwal kuliah dan sekolah, serta pembagian kerja dan menyusun bahan kuliah juga kurikulum.
  • Dalam sektor industri : Memudahkan untuk mengelola perusahaan kecil dalam meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Linear programming mudah diterapkan untuk pabrik, petani, praktisi, dan pengusaha dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari.
  • Dalam bidang perbankan : Program linear atau linear programming digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan pencapaian profit optimal melalui service excellent. Yaitu dengan memanfaatkan SDM tenaga biaya untuk memperoleh laba optimal dan seefisien mungkin.
SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR
















Grafik persamaan diatas adalah




Jadi, nilai minimum ketika melewati titik  yaitu
Nilai maximum ketika melewati titik  yaitu 34.

 2.

Daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan tersebut adalah
 
Jadi, nilai maksimum pada titik potopg E(1,6) yaitu 18,8.
Nilai minimum pada titik potong A(5,0) yaitu -2.

sumber:
http://fungsi.org/tujuan-mempelajari-program-linear











0 komentar: